PUSAT DATA EMITEN DI PASAR MODAL INDONESIA - DALAM RANGKA MENDUKUNG ERA KETERBUKAAN INFORMASI

Rumor Akuisisi oleh BCA Dongkrak Saham Bank Harda dan Bank Ganesha

Kamis,26 Apr 2017 | 13:50 WIB

JAKARTA, NETRALONE - Harga saham dua bank kecil ini mendadak melonjak tajam didorong kabar yang beredar di pasar saham terhadap rencana akuisisi oleh Bank Central Asia Tbk (BBCA). 

Bank Harda Internasional Tbk (BBHI) mencetak peningkatan harga signifikan dimana pada 17 April 2017, harga sahamnya  masih berada di level Rp91 per lembar dan terus naik hingga di level Rp189 per saham pada penutupan perdagangan Selasa kemarin (25/4/2017).

Demikian pula, saham bank Bank Ganesha Tbk (BGTG) dalam sepekan harganya naik drastis dari Rp88 pada 20 April dan melesat naik ke Rp147 per saham pada Selasa kemarin.

Pekan lalu, Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja memang menyampaikan rencana akuisisi dua bank kecil untuk memperkuat segmen bisnis digital banking dan UMKM. Rencana ini diharapkan dapat terealisasi pada semester kedua tahun ini. 

Meski demikian, tidak disebutkannya bank mana yang akan dipinang hingga beredarlah rumor bahwa BCA akan mengambil alih Bank Harda dan Bank Ganesha tersebut. 

Sehubungan dengan peningkatan harga dan aktivitas transaksi di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA) pada perdagangan saham Bank Harda dan Bank Ganesha, Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan tengah mencermati pola perkembangan transaksi dua saham bank ini .

Irvan Susandy, Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI dalam pengumumannya, Rabu (26/4/2017) menyebutkan, informasi terakhir yang disampaikan BBHI pada 7 April mengenai Laporan Bulanan Registrasi Pemegang Efek dan BGTG pada 11 April 2017 soal keterbukaan perseroan.

Untuk itu, BEI mengimbau investor untuk memperhatikan jawaban perusahaan atas permintaan konfirmasi bursa dan mengkaji kembali rencana aksi korporasi apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS.

Peserta harus menampilkan tulisan atau karyanya di media masing-masing pada selama periode Mei 2017. "Para peserta bebas untuk menyampaikan pendapat, pengamatan, atau pemikirannya. Kami akan memberikan apresiasi kepada para pemenang," ujarnya. 

 


comment
seputarforex.com